BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Rabu, 02 Desember 2009

Ikan Fugu, Beracun Tapi Mahal


Ikan yang satu ini bisa dibilang fenomenal. Walau beracun banget, sempat dilarang untuk beredar, sampai enggak boleh dimakan oleh Kaisar Jepang, ikan ini malah laku keras dan dijual mahal.


Fugu adalah nama ikan beracun yang banyak ditemukan di Jepang. Racun mematikan jenis tetrodotoxin terdapat di lever, ovarium dan kulit ikan Fugu. Racun ini bisa melumpuhkan otot orang yang memakannya tanpa disadari dan akhirnya memblokir oksigen yang diperlukan tubuh.

Ada banyak badan pemerintahan Jepang yang memberi perhatian khusus bagi ikan Fugu. Health, Labor and Welfare Ministry memperhatikan jumlah kematian karaena konsumsi ikan ini. Tercatat kalau antara tahun 2002-2006,14 orang mati karena makan ikan Fugu dan terkena racunnya. Badan pemerintah Jepang lain yang memperhatikan ikan Fugu adalah Japanese Ministry of Health and Welfare. Badan ini sudah membuat daftar bagian tubuh dari jenis-jenis ikan Fugu yang bisa dimakan.


Menurut Fugu Research Institute, 50% orang yang meninggal karena makan Fugu biasanya memakan liver ikan ini. Sebanyak 435 korban memakan ovarium dan 7% korban meninggal karena memakan kulitnya. Perdebatan soal ikan beracun ini sudah dimualai sejak dulu. Tulang ikan Fugu sendiri sudah ditemukan sejak tahun 2300 tahun yang lalu di era Meiji (1867-1912), Fugu dilarang untuk dijual di banyak tempat di Jepang. Salah satu pemimpin di era tahun 1603-1868 bernama Tokugawa Shogunate juga melarang konsumsi ikan Fugu di daerah Edo.

Hidangan lengkap ikan Fugu dijual sangat mahal, lho. Harganya bisa mencapai sekitar Rp 1 juta sampai Rp 2 juta. Hidangan ini cuma boleh disiapkan oleh tukang masak ahli bersertifikat yang bisa membuang semua racun dari ikan Fugu. Harga ikan Fugu mulai naik saat musim gugur dan mencapai harga termahal di musim dingan. Ini karena di musim dingin ikan Fugu jadi sangat gendut untuk bisa survive di musim dingin. Jadi berdaging dan enak dimakan, deh.


Selain beracun, ikan Fugu juga galak banget dan suka berantem satu sama lain. Setelah ditangkap, biasanya mulut ikan Fugu dijahit supaya enggak menggigit ikan Fugu lain. Ikan Fugu dipotong dengan memakia pisau khusus bernama hiki. Pisau hiki juga disimpan dengan hati-hati banget dan dipisahkan dari pisau-pisau lain. Biar racunnya enggak menyebar. Selain bisa dimakan, bagian tubuh ikan Fugu juga bisa dijadiin mainan bahkan lentera, nih. Kulitnya bahkan bisa dijadiin dompet atau kotak anti air. Selain di Jepang Fugu juga terkenal di Korea Selatan dan dikenal dengan nama bok.

0 komentar: